Diterbikan pada: 18 April 2025
Kendari, 18 April 2025 – Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) mengapresiasi capaian literasi dan numerasi di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mengalami peningkatan cukup pesat khususnya pada jenjang SMA. Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu'ti, menyampaikan apresiasi kepada jajaran pemerintah daerah Provinsi Sultra dan berharap langkah ini dapat memotivasi untuk terus mengembangkan berbagai terobosan pendidikan di masa yang akan datang. Adapun keberhasilan capaian Pemda Sultra didorong oleh berbagai kebijakan dan program inovatif. Salah satu programnya adalah memberikan waktu kepada siswa untuk membawa dan membaca buku bacaan favorit dari rumah. "Kemampuan literasi siswa jenjang SMA tahun 2024 mencapai 64,62% dan numerasi SMA 62,38% serta jenjang SMK menyentuh 60,60% dan numerasi SMK 58,71%," demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra, Yusmin (17/5). Kemudian, inovasi lainnya dari segi sarana dan prasarana di mana siswa telah dibekali materi pembelajaran digital melalui media televisi pintar (SMART BOARD). Berbagai terobosan tersebut diklaim Yusmin secara efektif dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di masa mendatang. Selanjutnya, untuk capaian numerasi siswa SMA secara nasional tahun 2023 berada pada angka 58,81% dan tahun 2024 yaitu 62,38% meningkat 3,57. “Upaya Pemerintah Daerah wilayah Sultra untuk meningkatkan literasi dan numerasi telah dilakukan melalui Pelatihan Peningkatan Kapasitas, Perhitungan dan Pemetaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Penataan Pendistribusian Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Pengadaan Alat Praktik dan Peraga Peserta Didik, dan sebagainya,” terang Yusmin.
Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 163/sipers/A6/IV/2025
Penulis: Ririn Ramandani
Editor: Denty Anugrahmawaty
PaudDikdasmen
Dinas Pendidikan
Ruang Pemerintah
Mitra Dikdasmen
Pegiat Literasi
Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan
Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi