Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Harmoni Lagu Pembelajaran Anak Usia Dini sebagai Pendukung Pembentukan Karakter Anak di Sekolah PAUD
Harmoni Lagu Pembelajaran Anak Usia Dini sebagai Pendukung Pembentukan Karakter Anak di Sekolah PAUD

Diterbikan pada: 16 Mei 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Bogor, 16 Mei 2025 – Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) terus mengoptimalkan pemanfaatan hasil karya cipta lagu KICAU yang telah diluncurkan pada 2 Februari 2025. Melalui Direktorat Guru Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (Direktorat Guru PAUD dan PNF), Kemendikdasmen menyelenggarakan Harmoni Lagu Pembelajaran Anak Usia Dini untuk Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Acara ini menampilkan lagu KICAU yang dinyanyikan oleh para peserta didik serta penyampaian materi pemanfaatan karya musik sebagai media pembentukan karakter anak di sekolah.

“Salah satu media penanaman karakter pada anak-anak adalah melalui karya musik. Melalui hasil karya lagu KICAU kita ingin anak-anak menikmati masa mereka dengan asupan yang sesuai dengan umurnya. Oleh karena itu, Direktorat Guru PAUD dan PNF berinisiatif menyelenggarakan acara ini dengan tujuan mengoptimalkan peran guru-guru PAUD dalam pemanfaatan hasil karya lagu KICAU kepada murid-murid PAUD,” ungkap Direktur Guru PAUD dan PNF, Suparto, dalam pembukaan acara di TK Akbar, Bogor, Jawa Barat, Rabu (14/5).

Suparto menambahkan, pemanfaatan lagu KICAU tidak hanya bertujuan untuk menguatkan pendidikan karakter saja. Menurutnya, pemanfaatan lagu ini juga untuk menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap lingkungan. Harapannya, kegiatan ini berdampak pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi, serta kecerdasaan intelektual para murid.

“Dengan segala tujuan tersebut, kami melihat peran guru sangat diperlukan untuk mendampingi dan melakukan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. Kompetensi guru PAUD juga harus terus beradaptasi dengan perkembangan zaman dengan mengedepankan aspek nilai nasional, nilai kebangsaan, nilai religius, dan nilai budaya lokal. Semoga dengan acara ini guru PAUD semakin aktif dan kreatif memanfaatkan lagu-lagu KICAU dalam pembelajaran sehari-hari,” pungkas Suparto.

Pendidikan Karakter di TK Akbar

Sementara itu, sebagai tuan rumah penyelenggaraan acara, Kepala TK Akbar, Dian Nurlina, menyambut baik terpilihnya TK Akbar sebagai tempat gelaran acara. Bicara tentang pendidikan karakter, Dian menjelaskan bahwa sejatinya TK Akbar merupakan singkatan yang menjadi moto pembelajaran. Adapun akronim dari TK Akbar tersebut adalah Takwa, Karakter, Aktif, Kreatif, Bersabar, Aktraktif, dan Ramah.

“Pendidikan karakter di sekolah kami menggunakan berbagai media yang salah satunya adalah lagu-lagu KICAU. Seperti lagu Bermain Sains, anak-anak kami ajak memaknai lirik tersebut dengan melakukan pengalaman nyata, seperti praktik membuat telur asin dan melihat sebuah proses alami dari tumbuhan bunga talang,” papar Dian.

Selain itu, aktivitas pendidikan karakter di TK Akbar juga merespons dari program 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat. Dian mengungkapkan, sekolah berusaha menanamkan karakter yang mulia kepada anak-anak dengan menyinergikan visi misi sekolah bersama para orang tua.

“Sebelum tahun ajaran di mulai, kami melakukan pertemuan dengan para orang tua untuk menyelaraskan visi misi yang harus dipahami oleh mereka. Kami menginginkan apa yang diajarkan oleh sekolah juga dapat dilakukan orang tua dirumah. Sehingga, pendidikan karakter ini dapat dilakukan gotong royong antara sekolah dan orang tua,” ungkapnya.

Terkait dengan lagu KICAU, Dian dan seluruh guru di TK Akbar merasa senang karena akhirnya ada lagu-lagu anak yang dapat menjadi media pembelajaran di sekolah. Baginya, anak-anak harus mendapatkan media pembelajaran dan media hiburan yang sesuai dengan usia mereka. “Lagu KICAU sangat sesuai dengan aktivitas anak-anak, liriknya mudah dihafal dan alunan musiknya menggambarkan suasana riang gembira,” tutur Dian.

Melalui pelaksanaan acara ini, Dian berharap Harmoni Lagu Pembelajaran Anak Usia Dini untuk Guru PAUD dapat terus dilakukan di berbagai sekolah di Indonesia. Baginya, pengalaman dalam pelaksanaan acara ini menjadi modal berharga sebagai pendidik untuk lebih mengeksplorasi media musik sebagai pendukung pembentukan karakter anak.

“Semoga acara ini dapat menjangkau banyak sekolah di Indonesia, sehingga nantinya akan lahir berbagai praktik baik pemanfaatan lagu KICAU yang menjadi inspirasi untuk seluruh satuan pendidikan di Indonesia,” tutup Dian.

Kegiatan Harmonisasi Lagu Pembelajaran Anak Usia Dini untuk Guru PAUD merupakan gelaran kedua setelah yang pertama sukses dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 85, Tangerang Selatan, Banten. Dalam kegiatan ini, anak-anak TK Akbar menyanyikan lagu KICAU dan disiarkan langsung melalui Instagram @guru.paud.pnf.

Sebagai rangkaian acara, turut dilakukan pelatihan materi “Pembentukan Karakter Anak dengan Musik” dan “Teknik Pernafasan dan Bernyanyi” oleh Juri Lomba KICAU 2024, Elsa Sigar, serta penyampaian motivasi pembelajaran oleh pencipta lagu KICAU, Giani Arsya Aulia Putri.

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 223/sipers/A6/V/2025

Penulis: Destian Rifki

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Dorong Peran Orang Tua Bentuk 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat

Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Diterbitkan pada : 20/05/2025

Gambar Konten Terkait
Mendikdasmen:Jalan Sehat Hardiknas 2025, Wadah Komunikasi Efektif Insan Pendidikan Galang Kolaborasi

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Pendidikan Vokasi Kepemilikan Konten Badan Bahasa Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Ruang Bahasa Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Itjen Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Murid Kejuruan Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid PAUD Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Karakter Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru Kepemilikan Konten Penguatan Pendidikan Unggul, Literasi, Numerasi dan Sains Teknologi Kepemilikan Konten Pemenuhan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan Kepemilikan Konten Pembangunan Bahasa dan Sastra

Diterbitkan pada : 18/05/2025

Gambar Konten Terkait
Forum Menteri Pendidikan APEC Dukung Pendidikan Bermutu untuk Semua dan Digitalisasi Pendidikan

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten BSKAP Kepemilikan Konten Ruang Murid Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten Ruang Orang Tua Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Orang Tua

Diterbitkan pada : 17/05/2025