Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Informasi Profil Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH KEMENTERIAN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
Informasi Umum
Beranda
Button Icon
Button Icon
PPID
Button Icon Beranda
Button Icon Profil
Temukan informasi tentang Kemendikdasmen, struktur organisasi, dan regulasi
Button Icon
Button Icon
Button Icon Publikasi
Temukan kabar, siaran pers, pengumuman, dan dokumentasi resmi dari Kemendikdasmen
Button Icon PPID
Dalam Semangat Hardiknas 2025, Mendikdasmen Resmikan Rumah Belajar Namorambe
Dalam Semangat Hardiknas 2025, Mendikdasmen Resmikan Rumah Belajar Namorambe

Diterbikan pada: 6 Mei 2025

Bagikan:

Gambar Siaran Pers

Deli Serdang, 6 Mei 2025 – Masih dalam suasana peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2025, Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah (Mendikdasmen), Abdul Mu’ti, meresmikan Rumah Belajar Namorambe di Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada hari Minggu (4/5). Peresmian ini bukan hanya seremoni semata, melainkan bentuk pengakuan atas praktik baik masyarakat dalam membangun ekosistem pendidikan yang merata, inklusif, dan bermutu melalui jalur nonformal.

Selaras dengan tema Hardiknas 2025 yaitu Partisipasi Semesta Wujudkan Pendidikan Bermutu untuk Semua,  Rumah Belajar Namorambe adalah salah satu bukti bagaimana komunitas lokal bergotong-royong menyediakan ruang belajar bagi anak-anak usia 4 s.d. 12 tahun dari berbagai latar belakang agama dan suku. Rumah belajar ini menjadi oase pendidikan di tengah keterbatasan akses layanan pendidikan formal di wilayah pinggiran kota Medan.

“Kami menyadari sepenuhnya bahwa berbagai layanan pendidikan formal itu memang tidak bisa atau belum bisa menjangkau semuanya. Inilah pentingnya partisipasi masyarakat dalam memberikan layanan belajar melalui rumah-rumah belajar seperti yang sekarang ini diselengkarakan oleh Humanity First, melalui Rumah Belajar Namorambe,” ucap Abdul Mu’ti seraya menyampaikan apresiasinya terhadap inisiatif warga. 

Turut hadir dalam peresmian ini Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara, civitas akademika Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), perwakilan Humanity First, serta masyarakat sekitar yang telah lama mendukung keberadaan rumah belajar ini.

Dari Teras Masjid Menuju Rumah Belajar yang Inklusif
Aisyah, pengelola Rumah Belajar Namorambe menceritakan bahwa cikal bakal Rumah Belajar Namorambe berawal dari inisiatif almarhumah Ibu Nefi Rahmania pada 2016. Berbekal keahlian berbahasa Inggris dan keprihatinan terhadap anak-anak di sekitarnya yang kesulitan dalam pelajaran sekolah, ia mulai mengajar secara sukarela di teras masjid dan halaman rumah. Seiring waktu, kegiatan ini berkembang menjadi pusat belajar informal yang kini didukung oleh organisasi kemanusiaan Humanity First.

Saat ini, rumah belajar tersebut memiliki tim relawan aktif yang terdiri dari mahasiswa, ibu rumah tangga, dan tokoh masyarakat. Mereka rutin menyelenggarakan kegiatan belajar bahasa Inggris, matematika, seni budaya, serta pendidikan karakter. Tidak hanya itu, rumah belajar ini juga menjadi ruang aman dan ramah bagi anak-anak dari berbagai agama untuk belajar bersama secara setara.

“Kami sangat bersyukur karena Rumah Belajar Namorambe diterima oleh semua pihak, tanpa memandang latar belakang. Ini membuktikan bahwa semangat belajar bisa menyatukan kita,” tutur Ibu Sarinah, koordinator rumah belajar.

Pendidikan yang Mengubah Wajah Desa
Antusiasme masyarakat terhadap Rumah Belajar Namorambe sangat tinggi. Banyak orang tua mengaku anak-anak mereka menjadi lebih percaya diri, aktif dalam kegiatan seni, bahkan mulai menunjukkan ketertarikan serius pada bidang akademik—termasuk yang akhirnya melanjutkan kuliah di jurusan bahasa Inggris.

“Etika dan cara berbahasa anak saya berubah sejak ikut belajar di sini. Bahkan anak pertama saya yang alumni rumah belajar ini sekarang sudah kuliah. Rumah belajar ini sangat membantu kami sebagai orang tua,” ungkap Desminawati Manurung, salah satu warga.

Berbeda dengan tempat les biasa, rumah belajar ini gratis, inklusif, dan berbasis semangat kerelawanan. “Yang membuat kami semangat adalah karena anak-anak bisa belajar tanpa beban biaya, dan sekaligus mempererat hubungan sosial antarwarga,” tambah Beti Ginting, warga lain yang turut hadir dalam peresmian rumah belajar Namorambe.

Pemerintah Dukung Gerakan Pendidikan dari Akar Rumput
Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah menegaskan bahwa praktik-praktik baik seperti Rumah Belajar Namorambe akan terus didorong dan difasilitasi pemerintah. Ke depan, Kementerian akan memperkuat jalur pendidikan nonformal, termasuk melalui rumah belajar, sekolah satu atap, dan sistem belajar fleksibel berbasis komunitas.

“Apa yang dilakukan Rumah Belajar Namorambe adalah contoh partisipasi semesta. Kita semua bisa ambil bagian dalam upaya mencerdaskan bangsa, mulai dari langkah-langkah kecil yang dampaknya besar,” pungkas Menteri.

Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah mengajak seluruh elemen bangsa untuk ikut bergotong-royong mewujudkan pendidikan bermutu untuk semua, sesuai semangat Hardiknas 2025. Di tengah tantangan zaman dan keterbatasan geografis, gotong royong tetap menjadi jalan utama menuju keadilan dan kemajuan pendidikan Indonesia.

Sumber: Siaran Pers Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Nomor: 201/sipers/A6/V/2025

Penulis: Stephanie Westiana

Editor: Denty Anugrahmawaty

Kepemilikan Konten PaudDikdasmen Kepemilikan Konten Ruang Mitra Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Murid Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Wajib Belajar 13 Tahun dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan Kepemilikan Konten Pemenuhan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Siaran Pers Terkait
Gambar Konten Terkait
Kemendikdasmen Raih Gold Play Button - YouTube

Kepemilikan Konten Dinas Pendidikan Kepemilikan Konten Ruang Pemerintah Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Sekjen Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen

Diterbitkan pada : 07/05/2025

Gambar Konten Terkait
Wamendikdasmen Dorong Kolaborasi Bangun Sistem Pendidikan yang Adil, Relevan, dan Partisipatif

Kepemilikan Konten Guru Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang GTK Kepemilikan Konten GTK Kepemilikan Konten Guru PAUD Kepemilikan Konten Guru Dikdasmen Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Peningkatan Kualifikasi, Kompetensi, dan Kesejahteraan Guru

Diterbitkan pada : 04/05/2025

Gambar Konten Terkait
Program PSPP Turut Menyasar Pendidikan Vokasi PKPLK pada Peringatan Hardiknas 2025

Kepemilikan Konten Sekolah Kejuruan Kepemilikan Konten Ruang Sekolah Kepemilikan Konten Ruang Publik Kepemilikan Konten Vokasi Kepemilikan Konten Sekolah PAUD Kepemilikan Konten Sekolah Dikdasmen Kepemilikan Konten Mitra Dikdasmen Kepemilikan Konten Pemenuhan dan Perbaikan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Diterbitkan pada : 03/05/2025